Jumat, 10 April 2015

Suguhan Alam di Kecamatan Bayang



Weekend emang lebih asik kalo diisi dengan kegitan baik di dalam rumah ato luar rumah. Kegiatan di dalam rumah dengan melakukan bersih-bersih rumah, mncuci, berekspresi dengan music, art, atau mempercantik kamar, atau melakukan project DIY (Do it Yourself). Sedangkan di uar ruangan umumnya diisi dengan melakukan hobi atau pergi liburan.
Nah ini yang aku lakukan weekend kemarin, pergi menjelajahi kec. Bayang Utara yang terletak di kab. Pesisir Selatan. Untuk sampai ke lokasi ini membuthkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari kota Padang. Di lokasi kita akan disuguhi 2 lokasi wisata yang membuat kita bersentuhan dan bercengkrama dengan alam, yakni Jembatan Akar dan Air Terjun Bayang Sani.
Oke, mari kita bahas dulu yang pertama.
1.       Jembatan Akar
Jembatan akar sudah terkenal samapi pelosok negeri. Jembatan ini memang benar-benar tebuat dari jalinan akar pohon yang dijalin oleh masyarakat setempat. Untuk dpat terbentuk menjadi jembatan, membutuhkan waktu 26 tahun untuk menjalinnya. Sebenarnya udah banyak yang membuat artikel tentang jembatan akar ini. Jadi begitu banyak referensi yang dapat dilihat salah satunya artikelku ini untuk mengetahui mengenai sejarah dari jembatan akar ini.
Namun saat aku menginjakkan kaki disini, aku takjub dengan keindahan yang terbentang di depan mata. Jembatan yang menanti untuk dititi, tirai yang terbuat dari akar-akar pohon, air mengalir yang saling berpacu diantara batu batu besar di sepanjang sungai di bawah jembatan akar. Ah, sudahlah, aku sudah tidak sabar untuk segera bercengkrama dengan mereka semua. Simak foto-foto aku di bawah ini:



nah, bagaimana!! indah bukan negeri ini...


Namun, ada yang sedikit disayangkan dari tempat ini. Masih ada saja orang yang membuat sampah sembarangan. Terlihat di jembatan, masih ada saja yang menyelipkan sampah-sampah mereka diantara akar-akar pohon. Selain itu, jembatan akarnya agak kurang terawat dan hampir setengah dari jembatan ini dipasangi dengan papan.

2.       Air Terjun Bayang Sani
Air terjun ini berada sebelum jembatan akar. Bagi yang gak tau tempatnya jangan cemas.  Lokasi nya sudah dipasangi plank nama. Tempat ini membuat takjub dan menghipnotis siapapun yang melihatnya. Air yang mengalir diantara bongkahan batu setinggi 20-25 meter (kira-kira, masalahnya kemaren gak bawa meteran, heheh) menjadi pusat perhatian semua orang. Air yang sejuk, cuaca yang mendukung makin memperindah untaian air yang jatuh melewati tebing batu ini. Selain itu, di sini juga terdapat kolam kecil dari genangan air terjun, jadi bagi yang ingin merasakan dinginnya air terjun silahkan untuk berenang disini (anak-anak yaa). Bagi yang tidak bisa berenang juga disediakan pelampung. Gak bisa berkata-kata lagi mengenai tempat ini, lansung saja ini fotonya:


By the way, untuk memasuki lokasi ini dikeai retribusi (pungutan) Rp 5.000,- per orang dan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 2.000 – Rp 3.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,-
Oke, kira-kira itu dulu cerita ku untuk perjalanan kali ini. So, tertarik untuk bercengkrama dengan alam???
 selamat berakhir pekan dan nikmatilah alam dan jangan merusaknya, Oke!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar